Home Saran Workshop Dapen YAKKUM Organisasi

REFLEKSI

REFLEKSI
 


THE POWER OF CHANGE

Oleh : Kawindro Djuliantoro
(Sekretaris Pengurus Dapen YAKKUM)

Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu,
sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah : apa yang baik,
yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna(Roma 12:2)


Sebuah perubahan dalam hidup ini tentulah sangat dibutuhkan, dan harus diingat hanya perubahanlah yang membawa seseorang kepada hal-hal yang baik. Maksudnya, jika seluruh dari bingkai perubahan itu berada pada dimensi yang positif. Hal inilah yang sangat kita perlukan jika ingin melihat kehidupan yang lebih bermakna dan maksimal. John Maxwell, seorang pakar kepemimpinan, mengatakan : “Ubahlah diri anda, maka dunia pun akan berubah.”. Artinya, perubahan berawal dari diri sendiri.Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna(Roma 12:2).

Dalam teks ini perubahan digambarkan menjadi cara dan strategi untuk mencapai sebuah kehidupan yang baik dengan standar firman Allah. Untuk mendapatkan perubahan, maka hal pertama yang harus kita lakukan adalah berani untuk berubah. Hal kedua yang mampu membawa kita pada perubahan adalah pengetahuan, motivasi dan karakter. John Maxwell mengatakan bahwa 2 (dua) hal ini menjadi sangat penting diperhatikan. Tidak menyadari apa yang anda inginkan, ini adalah masalah pengetahuan, tidak mengejar apa yang anda inginkan, ini adalah masalah motivasi, sedangkan tidak mencapai apa yang anda inginkan, ini adalah masalah karakter. Tiga pilar perubahan ini harus menjadi jelas dalam pemahaman kita, yakni pengetahuan harus kita tingkatkan dalam menyadari betapa perubahan itu sesuatu yang sangat penting, dan harus kita upayakan. Pada prinsipnya pengetahuan akan mendorong kita berubah, sebab akan ada pertanyaan dalam diri kita bahwa mengapa harus berubah ? Untuk apa kita berubah ? Dan bagaimana kita berubah?

Motivasi merupakan bagian tidak terpisahkan dari pengetahuan. Motivasi akan mendorong dan memampukan kita untuk melakukan apa yang kita ketahui tersebut. Daya dorong sering kali menjadi hal yang berpengaruh besar bagi kita dalam menghasilkan perubahan. Ada beberapa orang yang tidak pernah berhasil mengalami perubahan karena motivasinya tidak jelas. Selanjutnya, di atas motivasi tersebut adalah karakter. Ini lebih menekankan pada bagaimana kita mencapai jika saja kita sudah mengetahui dan memiliki motivasi, maka hal yang selanjutnya adalah memiliki karakter yang mampu melahirkan perubahan besar dalam diri kita.

Kekuatan dari perubahan dalam diri kita pada hakekatnya akan melahirkan kesempatan-kesempatan baru yang akan memampukan kita mencapai target-target yang besar. Maka jika kita menginginkan kehidupan yang lebih baik, jangan pernah ragu memutuskan untuk berubah.

Disadur dari sumber Mengawali Hari Dalam HadiratTuhan “RenunganPagi” edisi bulan Maret 2011. Penulis Pdt. Purim Marbun, M.Th.
________________

MENJADI PRIBADI YANG 100%

Pada dasarnya Tuhan menciptakan segala sesuatunya baik adanya. Manusia sebagai salah satu ciptaaNya, diciptakanNya paling sempurna diantara makhluk hidup lain. Kesempurnaan manusia terletak pada hati dan akal budi yang dimilikinya.

Banyak orang ingin memiliki dan menjadi “pribadi yang 100%”. Banyak cara dilakukannya, antara lain dengan mengejar kedudukan/kekuasaan; mengejar studi setinggi-tingginya; mengejar kepandaian; mengejar kekayaan, dll. Mampukah manusia dengan usaha itu semua ? Cukupkah dengan itu semua ?

Di bawah ini ilustrasi yang dapat memberikan pencerahan kepada kita semua.

Jika abjad A, B, C, D, ........, Z disamakan dengan angka 1, 2, 3, 4, ....., 26 atau dengan kata lain A = 1; B = 2; C = 3; ......; Z = 26 maka beberapa contoh di bawah ini ternyata tidak mampu dan tidak cukup menjadikan kita “pribadi yang 100%”.
·         Knowledge = K+N+O+W+L+E+D+G+E = 11+14+15+23+12+5+4+7+5 = 96%
·         Love = L+O+V+E = 12+15+22+5 = 54%
·         Money = M+O+N+E+Y = 13+15+14+5+25 = 72%
·         Leadership = L+E+A+D+E+R+S+H+I+P = 12+5+1+4+5+18+19+9+16 = 89%

Ternyata :
·         Attitude = A+T+T+I+T+U+D+E = 1+20+20+9+20+21+4+5 = 100%

Luar biasa !!!!!! ternyata attitude (sikap, perilaku) mampu menjadikan kita “pribadi yang 100%”. Setiap problem akan ada solusinya hanya jika kita mampu merubah sikap kita. Kejarlah menjadi yang terbaik menuju kualitas hidup 100%. Ubahlah sikap anda dan anda telah merubah hidup anda. REDAKSI.
______________
Sumber : N.N, materi presentasi pada “Pelatihan Assesor Kompetensi” (power point) yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan Batavia Nursing Training Center (BNTC), Juni 2009, Jakarta. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar